Senin, 27 Juni 2011

Mau dibawa kemana negeri ku ini?

Minggu 12 juni 2011, kota tunis terlihat begitu cerah, matahari dimusim panas  membuat sesiapa saja terasa penat dan gerah.aku adalah seorang mahasiswa lulusan universitas  di Tunisia yang alhamdulilah saat itu aku menyelesaikannya dengan predikat, baik,,uih,,promosi dikit,bukan riya,,,hehe


Dihari yang cerah itu, aku lagi di kbri ngejalani tugas harian,,hehe. Setelah aku menunaikan perintah Ilahi rabbi, seperti biasa aku berdoa pada orang tua ku tericnta, pada diriku dan calon istriku tersayang, kemudian aku kembali duduk di meja kerjaku sambil mengupdate berita dilaptop. Lima menit aku duduk, tiba2 di camera cctv aku melihat sekawanan orang yang corak tubuh nya orang indonesia, ting –tong bel berbunyi,aku mendengar suara orang indonesia, » mas ,,,buka mas !! ,kami orang indonesia » aku kaget, kok orang ini macam rumah sendiri menganggap kedutaan ya? siapa ya mereka ? akau bertanya didalam hati. Tiba2 salah seorang  Pejabat KBRI turun dari ruang kerjanya, hatiku jadi tenang, hatiku untuk membuka pintupun semakin  berani, aku mulai membuka pintu,,eh ternyata, unbelievable..begitu pintu terbuka,mereka langsung sibuk mengabil foto dan video  dikbri, tanpa mengucapkan salam terlebih dahulu kepadaku,gak tau apa yang terjadi sama Pejabar KBRI.

Selama di KBRI, mereka sibuk dengan pemotretan,tak terkecuali aku pun jadi tukang potret  mereka, tanpa terlebih dahulu mengucapkan salam, namun diantara mereka ada juga yang mau berbicara dan membrikan salam,eh,ternyata meraka para pejabat BKKBN Jawa barat,mereka berjumlah 30 orang,(wanita dan pria sudah barang tentu suami istri) aku bertanya kepada salah satu dari mereka,sudah berapa lama di Tunis pak ?
meraka menjawab, : baru dua hari,
aku : sudah kemana saja pak ?
pejabat BKKBN : baru tunis,sebentar lagi kami mau terbang ke Roma.
Aku : gemana pak tournya ? 
pejabat BKKBN : kami bukan tour mas,tpi kami studi banding ?
aku: studi banding apa pa?
pejabat BKKBN : studi banding KB.a
aku: gak salah pak ?

Mereka langsung mengalihkan pmbicaraan.

Seteleah ngobrol sebentar,tiba2 ada yang minta ditunjikin kamar mandi, ya aku pun menunjuknya,kira2 ada 3 orang yang masuk kekamar mandi( bukan bareng-bareng ya,hehehe)
Tak lama kemudian mereka pun langsung keluar, tanpa permisi kepadaku ataupun ucapan terimakasih (setelah mereka berpotret di kbri,aku pikir,apakah ini studi banding ?)hehe,,
Tak lama kemudian mereka keluar dari KBRI, kembali naik ke bus mereka dan siap meninggalkan KBRI tunis, setelah bus mereka meninggalkan KBRI, saya dan pejabat KBRI pun kembali masuk ke KBRI. Kami pun saling menceritakan obralan kami bersama mereka,eh ternyata pejabat KBR kaget,ketika ku bilang mereka ke sini study banding, karena beliau dan staf kbri lainnya tidak mendapatkan laporan apa2 kalau ada pejabat yang akan datang ke Tunisia, sekilas terlihat, mereka tidaklah terlihat sosok pejabat,karena tatakrama mereka jauh dari tatakrama seorang pejabat,hehe,,emang aku ni bertatakrama?? looooooool

Setelah obrolanku  selesai dengan salah seorang pejabat KBRI , aku masuk kekamar mandi ingin mebuang hajat, eh apa yang terjadi, hati kaget .ya allah, !! mengapa kamar mandi ini jadi banjir?
Dilantai penuh dengan air, padahal cuma 3 orang yang masuk, gemana kalau mereka masuk semua ya?? aku jadi kesal pada pejabat  yang tak tau kebersihan, mengapa semua ini terjadi ???
Aku turun kebawah mengambil pel,untuk ngepel kamar mandi yang kebanjiran akibat olah para pejabat itu,.
Ini bukan kasus pertama yang terjadi pada pejabat2 kita, mereka dah sering jalan2 keuluar negri dengan uang rakyat dgn dalang study banding, padahal study tour,dimanakah moral mereka?? Mau dibawa kemana negri ini klau mereka tak lagi kerja tuk pemerintah,tpi kerja tuk isis perut doang?

Note:
1.gak semua pejabat yang seperti mereka,banyak juga para pejabat yg benear menjalankan tugasnya dengan bener dan bekerja bener2 untuk rakayat,tak jarang mereka mengorbankan harta,waktu dan pikiran mereka untuk rakyat.
2.Mereka inilah pejabat yg tau tau diri, kurang berpendidikan.
3.Akibat olah dari mereka,banyak para ilmuan kita yg diluar mala pulang untuk berkarya di negri tercinta..



Tidak ada komentar: